Saturday, August 13, 2016

Belanja Online Free Ongkir

Halo, Gaes! Kali saya ingin share pengalaman berbelanja online di beberapa situs/aplikasi favorit saya. By the way, tulisan ini pure opini saya ya, tidak ada kepentingan promosi atau semacamnya :)

Ngomong-ngomong soal belanja online, siapa sih di jaman sekarang yang nggak pernah melakukan pengalaman berbelanja online? minimal sekali pasti pernah lah ya, kalau saya sih jangan ditanya, saya mungkin udah bisa disebut Onlineshopperholic (hihi, apaan). Sekarang jaman udah makin praktis, mau beli makanan hingga keperluan rumah tangga mah tinggal klik, dateng deh. Ini menyenangkan sih apalagi bagi orang-orang yang doyan mager di kamar macam saya.

Tapi, ada beberapa kendala dari berbelanja online, yang paling kerasa bagi saya sih masalah ongkos kirim yang lumayan mahal karena tempat tinggal saya bukan di kota besar, tapi udah nggak jadi masalah karena udah banyak situs yang menawarkan free ongkir ke seluruh Indonesia, yeay! (lengkapnya aku jelasin di bawah). Kedua, barang yang datang tidak sesuai dengan gambar. Ini sih sering terjadi, solusinya pinter-pinter pilih seller yang testimoninya meyakinkan dan trusted, kalau bisa minta kirimin real picture sama seller, cerewet dikit nggak apa-apa lah. Ketiga, barang yang dipesen nyampenya lamaaaaaa. Kalo ini biasanya terjadi karena seller lagi overload pesanan atau kurirnya yang lagi overload. Nggak banyak yang bisa dilakuin sih, hehehe, pinter-pinter milih seller aja dan kalo udah terlanjur pesen push aja terus ke penjualnya. Mungkin masih ada beberapa kendala lain, tapi lagi males nulis nih, hahaha. Okey, langsung aja ya ke situs/aplikasi belanja online favorit saya, ada dua ya paling sering saya jadiin media belanja online, cekidot!

1. Shopee Indonesia

www.shopee.co.id

Shopee menarik perhatian saya karena memberikan penawaran free ongkir ke seluruh Indonesia. Waaahhhh! Ini merupakan aplikasi belanja online pertama yang saya tahu memberi penawaran menarik ini, karena sebelumnya saya sering berbelanja melalui Instagram dan agak dibuat pusing karena ongkos kirim, hahaha. Jadi, Shopee bisa diakses melalui laman website http://www.shopee.co.id  atau kalau ingin lebih praktis bisa download aplikasinya di Playstore dan Appstore. Saya pribadi sih selalu menggunakan aplikasinya. Langkah-langkahnya cukup mudah tinggal search produk yang kamu mau, oya, ada banyak banget pilihan barang yang sama dengan harga yang berbeda, jadi kamu harus pinter-pinter milih ya, cari yang paling murah! hahaha, tapi jangan lupa tetap baca penilaian dari customer yang sudah pernah melakukan transaksi. Karena di setiap item akan muncul testimoni dari pelanggan. Saya sih termasuk cukup selektif dalam memilih seller dan alhamdulillah sampai sekarang selalu puas. Jangan lupa setelah barang yang kamu pesan datang beri penilaian agar memudahkan customer lain juga :) Untuk metode pembayarannya juga sangat mudah. Ada banyak pilihan bank dan bisa pula melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Jangan khawatir ditipu ya, karena pihak Shopee sangat bertanggungjawab apabila barang yang kita pesan tidak datang, Shopee akan melakukan refund. Selama pengalaman saya sih, paling lama dua hari uang udah masuk lagi ke rekening, amaaaan.

Tapi, belakangan saya udah mulai jarang berbelanja disini, karena promonya tiap bulan berubah-ubah. Saat ini, untuk mendapatkan free ongkir harus dengan syarat belanja minimal Rp 70.000 dengan maksimal ongkir Rp 50.000. Hmmm, jadi mikir-mikir deh kalo mau belanja cemilan, hehehe. Shopee, tolong dong minimal belanjanya diturunin lagi :D


2. Mataharimall.com

www.mataharimall.com

Mataharimall.com merupakan situs belanja online favorit saya saat ini. Kenapa? Karena ya balik lagi, situs ini memberikan penawaran free ongkir tanpa minimal pembelian loh! yayyyy. Selain itu, situs ini cukup banyak memberi penawaran voucher belanja, seneng nggak sih, hihi. Pertama kali daftar member aja kita udah dikasih voucher belanja sebesar Rp 50.000 dengan minimal pembelian Rp 200.000, lumayan banget, khaaaaan? Terus setelah itu kita juga bakal dapet voucher belanja lagi entah 200ribu atau 300ribu gitu, saya nggak pernah pake karena minimal belanjanya gede. Malahan nih, pertama kali saya belanja lagi ada promo penukaran Telkomsel poin dengan voucher sebesar Rp 100.000 minimal belanja Rp 300.000, saya seneng bangetttt, hahahaha. Psttttt, saya sering daftarin email baru biar dapet voucher belanja lagi, hihihi. Untuk pengiriman pun terbilang cepat loh.

Kekurangannya? Saya pernah dapet sedikit masalah saat pembayaran dan saat menghubungi no. telpon CS yang tertera di website telpon saya nggak dijawab-jawab dong, ngeselin yess?! Alhasil saya harus konsul lewat email yang mana bagi saya yang nggak sabaran agak kurang efektif. Tetep ditanggapi sih, cuman ya saya nya kurang puas karena agak susah ngejelasinnya kalo nggak ngomong langsung, takut ada miskomunikasi aja. Tapi akhirnya masalah clear, kok. Jadi nggak kapok belanja disini. Oya, Mataharimall.com juga ada aplikasinya loh, cuma saya pribadi lebih suka buka website-nya.


Itu dia dua situs belanja online favorit saya saat ini, kalo kalian punya referensi lain boleh dong di-share ke saya :D

See you, Pals!


No comments:

Post a Comment

Leave your comment..